Belajar HTML Untuk Pemula

Belajar HTML Untuk Pemula

Belajar HTML Untuk Pemula – Bertemu lagi bareng kita Koding Budi yang senantiasa membahas seputar pemrograman. Dan kali ini Koding Budi berkesempatan untuk membahas Belajar HTML Untuk Pemula.

Bila anda ingin mempelajari bagaimanakah cara membuat web, langkah pertama ialah mempelajari HTML. HTML adalah dasar dari semua halaman web yang kita lihat di Internet. Tapi, apa sebenarnya HTML itu? dalam tutorial pertama Belajar HTML Dasar ini kita akan membahas Pengertian HTML.

Pengertian HTML

HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML suatu text biasa bisa berfungsi lain, kita bisa membuat menjadi link yang bisa berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain cukup dengan meng-klik text itu. Kemampuan text inilah yang diberi nama hypertext, meskipun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang bisa dijadikan link.

Dikatakan Markup Language sebab bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai beberapa bagian dari text. Contohnya, text yang ada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, apabila ada di antara tanda lainnya akan terlihat besar. Tanda ini dikenal sebagai HTML tag.

Bila anda ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML, silakan klik kanan halaman ini, lalu pilih View Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Akan tampil sebuah halaman baru yang disebut kode HTML dari halaman ini.

HTML adalah bahasa dasar pembuatan web. Dimaksud dasar sebab dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML penampilan web terasa hambar. Ada beberapa bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk merekayasa kode HTML, seperti JavaScript serta PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript atau PHP, memahami HTML adalah hal yang paling pertama.

HTML bukan bahasa pemrograman (programming language), namun bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tetapi bila anda sudah mengetahui bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, atau variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain HTML, dikenal juga xHTML yang disebut singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML adalah versi lama dari HTML (sebelum masa HTML5 seperti sekarang ini). xHTML menggunakan ketentuan penulisan yang lebih ketat. Jika anda menemukan artikel yang mengulas xHTML, bisa disamakan dengan HTML, karena bedanya tidak terlalu banyak.

Versi terbaru HTML: HTML5

Saat ini versi terbaru dari HTML adalah HTML5. HTML5 berisi beberapa fitur baru, tapi tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya, yakni HTML 4 dan xHTML.

File HTML harus dijalankan dari aplikasi web browser. Selanjutnya, kita akan membahas tentang Fungsi Web Browser.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *