Cara Menjalankan File HTML

Cara Menjalankan File HTML

Cara Menjalankan File HTML – Bertemu lagi bareng kita Koding Budi yang senantiasa membahas seputar pemrograman. Dan kali ini Koding Budi berkesempatan untuk membahas Cara Menjalankan File HTML.

Untuk mempermudah dalam mengakses file, sebaiknya buat sebuah folder “BelajarHTML” di Drive D. Folder ini akan kita jadikan tempat seluruh halaman HTML yang akan dibuat.

Selanjutnya, buka aplikasi Notepad++ , atau aplikasi text editor yang lain, lalu ketik text di bawah ini:

Hello World

Save teks di atas sebagai hello.html pada folder BelajarHTML. Kemudian jalankan file hello.html kita melalui cara double klik file tersebut, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (bila anda memakai web browser firefox).

Selamat! file HTML kita telah bisa berjalan, meskipun sebetulnya belum ada satupun kode HTML didalamnya.

Dari eksperimen ini kita bisa lihat jika setiap halaman HTML harus diakhiri dengan ekstensi .html. Anda mungkin saja akan menemukan beberapa halaman mempunyai ekstensi .htm, ekstensi ini dipakai untuk memberi dukungan Windows versi lama yang masih memakai ekstensi 3 huruf di belakang sebuah file.

Apa yang kita kerjakan di sini ialah menjalankan file HTML dari komputer lokal. Lihat bagian alamat pada web browser, diawali terlebih dulu dengan “file:///” lalu dibarengi dengan alamat file HTML yang disimpan dalam komputer, contohnya: “D:/BelajarHTML/hello.html“. Berarti, kita tidak harus online untuk membuat serta menjalankan file HTML.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *