Mengenal Apa Itu Bootstrap Beserta Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Bootstrap Beserta Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Bootstrap Beserta Keunggulannya – Bertemu lagi bareng kita Koding Budi yang senantiasa membahas seputar pemrograman. Dan kali ini Koding Budi berkesempatan untuk membahas Mengenal Apa Itu Bootstrap Beserta Keunggulannya

Pengertian Bootstrap

Bootstrap ialah paket aplikasi siap pakai untuk membuat front-end sebuah web. Dapat disebutkan, Bootstrap ialah template desain website dengan fitur plus. Bootstrap dibuat untuk memudahkan proses desain web untuk berbagai tingkat pengguna, dari mulai level pemula sampai yang telah berpengalaman. Cukup dengan modal pengetahuan dasar tentang HTML serta CSS, anda pun siap menggunakan Bootstrap.

Paket Bootstrap berisi sekumpulan file CSS, font, javascript yang siap diintegrasikan ke sebuah dokumen HTML menggunakan beberapa kaidah tertentu. Dokumen HTML yang disesuaikan dengan ukuran monitor perangkat pengunjung.

Daya tarik bootstrap terdapat pada kemudahan serta kepraktisan penggunaannnya. Tata layout serta pewarnaannya bersih,simpel, indah, serta terkesan kekinian. Selain itu, mengingat akses web lewat perangkat mobile makin meningkat tajam, maka pendekatan desain web responsive serta mobile friendly yang ditawarkan bootstrap juga jadi solusi praktis serta murah bagi beberapa pengembang web. Cukup dengan Bootstrap, web anda dapat diakses dengan nyaman lewat ponsel tanpa menggunakan aplikasi khusus untuk perangkat mobile.

Berikut beberapa keunggulan Bootstrap :

Mendukung Responsive Web Desain

Bootstrap sudah memberi dukungan metode responsive web design, bahkan juga memakai paradigma mobile first jadi dasar pengembangan web yang mobile-friendly. Web yang mobile-friendly saat ini menjadi sebuah kewajiban.

Komponen Siap Pakai

Bootstrap telah menyiapkan desain beragam elemen tampilan web yang siap pakai. Anda dapat membuat tombol, ikon, label, thumbnail, breadcrumb, paging, serta lainnya dengan konsisten, rapi, serta seragam. Penamaan kode desain masing-masing elemen gampang dihapal serta dimengerti, sehingga pemanggilan kodenya di HTML serta pengunaannya secara berulang-ulang menjadi gampang.

CSS Yang Fleksibel

Tidak hanya ada dalam bentuk file CSS yang siap pakai, Bootstrap mendukung pemakaian Sass dan Less. Keduanya adalah CSS pre-processor yang digunakan untuk mengkompilasi file CSS. Pemakaian Sass serta Less sendiri bersifat opsional, tergantung selera serta kemampuan teknis yang anda miliki.
Anda pun bisa saja untuk melakukan modifikasi sendiri layout serta pewarnaan pada CSS Bootstrap, tak perlu merubah kode CSS yang sudah ada.

Javascript Siap Pakai

Sebagai fitur tambahan, Bootstrap dilengkapi dengan library JavaScript berbasiskan Jquery. Anda dengan gampang bisa membuat kotak dialog, menampilkan tooltip, hingga menayangkan slide carousel. Web anda juga jadi lebih dinamis serta interaktif.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *