Mengenal Apa Itu Javascript Untuk Pemula

Mengenal Apa Itu Javascript Untuk Pemula

Mengenal Apa Itu Javascript Untuk Pemula – Bertemu lagi bareng kita Koding Budi yang senantiasa membahas seputar pemrograman. Dan kali ini Koding Budi berkesempatan untuk membahas Mengenal Apa Itu Javascript Untuk Pemula.

Pengertian Javascript

JavaScript ialah bahasa pemrograman web yang berbentuk Client Side Programming Language. Client Side Programming Language ialah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk pada web browser seperti Google Chrome serta Mozilla Firefox.

Bahasa pemrograman Client Side berlainan dengan bahasa pemrograman Server Side seperti PHP, dimana untuk server side seluruh kode program dijalankan di sisi server.

Untuk menjalankan JavaScript, kita cuma memerlukan aplikasi text editor serta web browser. JavaScript memiliki fitur: high-level programming language, client-side, loosely tiped serta berorientasi objek.

Fungsi Javascript Dalam Pemrograman Web

JavaScript pada awal perkembangannya berperan untuk membuat interaksi di antara user dengan situs web semakin lebih cepat tak perlu menunggu pemrosesan di web server. Sebelum javascript, setiap interaksi dari user harus diproses oleh web server.

Bayangkan saat kita mengisi form register untuk pendaftaran sebuah situs web, lalu men-klik tombol submit, menunggu sekitar 20 detik untuk website memproses isian form itu, serta mendapati halaman yang menyatakan jika ada kolom form yang masih belum diisi.

Untuk keperluan seperti berikut JavaScript dikembangkan. Pemrosesan untuk mengecek apakah seluruh form telah terisi ataukah tidak, bisa dipindahkan dari web server ke dalam web browser.

Dalam perkembangan selanjutnya, JavaScript tidak hanya bermanfaat untuk validasi form, tetapi untuk beberapa kepentingan yang lebih modern. Beberapa animasi untuk mempercantik halaman web, fitur chatting, efek-efek modern, games, semua dapat dibuat menggunakan JavaScript.

Namun karena sifatnya yang dijalankan di sisi client yaitu di dalam web browser yang dipakai oleh pengunjung situs, user sepenuhnya dapat mengontrol eksekusi JavaScript. Hampir semua web browser menyiapkan fasilitas untuk mematikan JavaScript, atau bahkan juga merubah kode JavaScript yang ada. Sehingga kita tidak dapat bergantung sepenuhnya pada JavaScript.

Perkembangan Javascript Saat Ini

Dalam perkembangannya, JavaScript mengalami permasalahan yang sama dengan kode pemograman web yang bersifat client side seperti CSS, yaitu bergantung pada implementasi web browser.

Kode JavaScript yang kita bikin, bisa jadi tidak bekerja di Internet Explorer, karena web browser itu tidak memberi dukungan. Sehingga programmer harus bekerja extra untuk membuat kode program supaya bisa “mengakali” dukungan dari web browser.

Karena hal itu, JavaScript pada awalnya termasuk bahasa pemograman yang rumit, sebab harus membuat beberapa kode program untuk berbagai web browser.

Tetapi, beberapa tahun belakangan ini, JavaScript kembali bersinar karena kemudahan yang ditawari oleh komunitas programmer yang membuat library JavaScript seperti jQuery. Library ini mempermudah kita membuat program JavaScript untuk semua web browser, serta membuat fitur-fitur hebat yang awalnya membutuhkan ribuan baris kode program jadi sederhana.

Kedepannya, JavaScript akan jadi kebutuhan programmer, apalagi untuk situs sekarang ini yang mewajibkan punya banyak fitur modern sebagai standar.

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *